CAPING UNIK HASIL KREATIVITAS SISWA SMP NEGERI 2 TANGEN

Melukis di caping pada saat pembelajaran Prakarya

Tangen, Selasa, 7 Februari 2023. Pembelajaran praktik merupakan suatu proses untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dengan menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan keterampilan yang diberikan dan peralatan yang digunakan. Selain itu, pembelajaran praktik merupakan suatu proses pendidikan yang berfungsi membimbing peserta didik secara sistematis dan terarah untuk dapat melakukan suatu ketrampilan.

Kali ini Guru Prakarya kelas 7 yang di komandani oleh Bapak Sarimin, S.Com mencoba hal yang baru yaitu melukis di caping dan setelah itu diwarnai dengan cat khusus supaya kelihatan menarik dan dapat dijadikan hiasan di sekolah. Beliu dengan sabar memberikan bimbingan kepada setiap kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya di kelas, dibantu oleh beberapa guru antara lain Bapak Supriyanto, S,Pd selaku guru BK yang dengan senang hati memberikan bimbingan bagaimana cara melukis di atas caping.

Dengan bimbingan guru para peserta didik dalam kelompok mulai melukis terlebih dahulu di atas caping sebelum dilakukan pengecatan. Dengan ketelitian dan kehati-hatian peserta didik melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru prakarya. Mereka bekerja dengan penuh antusias menggukan imajinasinya melukis apa saja yang dikehendaki sesuai imajinasi dan gagasanya, dengan ketekunan dan kerjasama dalam satu kelompok mereka dapat menghasilkan karya yang menarik.

Pembelajaran praktik merupakan upaya untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman langsung dari apa yang diketahui dalam pikiranya. Pengalaman langsung ini akan membawa dampak kepada peserta didik terdorong untuk merefleksi atau melihat kembali pengalaman-pengalaman yang mereka pernah alami saat mengeluarkan / menuangkan ide gagasanya ke atas caping.

Pentingnya pengalaman langsung terhadap proses belajar yang diungkapkan oleh Hadisuwono dalam blognya yang dikutip dari Kolb dan Wallace. Kolb mengatakan bahwa pembelajaran orang dewasa akan lebih efektif jika pembelajaran lebih banyak terlibat langsung daripada hanya pasif menerima dari pengajar. Hal ini pula yang mendasari mengapa pembelajaran praktik itu penting, supaya peserta didik mengalami langsung atau mendapatkan pengalaman langsung dari apa yang sedang dikerjakan.

Dari pembelajaran selama praktik ini diharapkan, peserta didik mampu melihat, mengamati, memahami, membandingkan dan memecahkan suatu masalah saat kegiatan praktik dilaksanakan. Adapun tujuan pembelajaran praktik adalah sebagai berikut:
a. peserta didik mendapatkan pengalaman langsung dari apa yang dipraktikan di lapangan secara nyata
b. melatih pola pikir peserta didik serta menambah wawasan
c. memperluas wawasan peserta didik untuk memahami antara teori yang mereka terima dengan kenyataan dilapangan
d. melatih kersama antara peserta didik dalam kelompok dan memberikan pengalaman belajar pada peserta didik pentingnya bekerja dalam kelompok

Peserta didik bekerja dalam kelompok masing-masing

ditulis untuk kalangan sendiri : Slmaet Indarto,M.Pd Kepala SMP Negeri 2 Tangen, Pantauan KBM Selasa, 7 Februari 2023

Tinggalkan Balasan