KOLABORASI GURU PRAKARYA DAN SENI BUDAYA CIPTAKAN KARYA INDAH

Sragen, SMP Negeri 2 Tangen. SMP Negeri 2 Tangen adalah sekolah yang saat ini sudah mencapai adiwiyata mandiri di tahun 2022. Untuk menjaga agar gelar adiwiyata mandiri ini terus nampak dikehidupan sehari-hari di sekolah maka perlu menjaga keindahan dan kerindangannya. Musim penghujan disertai angin yang terjadi akhir-akhir ini telah mengubah keindahan dan kerindangan sekolah, termasuk payung-payung yang menghiasi wajah halaman sekolah turut rusak karenanya. Untuk menata kembali halaman sekolah yang hancur karena terkena angin dan hujan lebat, maka diperlukan kreatifitas dan inovasi dari bapak ibu guru SMP Negeri 2 Tangen.

Kolaborasi adalah proses bekerja sama antara dua orang atau lebih untuk memunculkan ide atau gagasan untuk menyelesaikan suatu masalah secara bersama-sama. Menurut Choirul Saleh dalam modul berjudul Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi,  kolaborasi adalah penyatuan tenaga atau peningkatan kemampuan yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau yang telah disepakati bersama. Sedangkan menurut Abdulsyani, kolaborasi adalah suatu bentuk proses sosial, yang mana terdapat aktivitas tertentu bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami aktivitas masing-masing. Dari pengertian kolaborasi di atas dapat disimpulkan kolaborasi adalah bentuk Kerjasama yang dilaksanakan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

SMP Negeri 2 Tangen memiliki guru yang berkompeten, untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu guru prakarya dan seni budaya yang sangat banyak ide-ide kreatifnya serta dibantu oleh bapak ibu guru yang lain maka mereka mengadakan kolaborasi untuk mewujudkan paying-payung yang rusak itu dapat ditata kembali sehingga halaman sekolah dapat tertata dan kelihatan rapi dan indah lagi. Mereka bersepakat untuk menghiasi payung putih yang dibeli dari toko kemudian dibuat desain gambar oleh peserta didik dan setelah di desain gambar selanjutnya di cat dengan berbagai warna cat.

Gambar : Peserta didik membuat desain gambar pada payung

Setelah mendesain gambar pada payung selesai dibuat maka langkah selanjutnya peserta didik menghiasi desain gambar dengan cat pewarna / cat tembok merk tertentu yang mudah hilang jika kena air tetapi jika sudah kering tidak mudah luntur jika kena air, dengan pengawasan guru peserta didik menggunakan cat yang dibagikan perkelompok sehingga peserta didik akan menerima warna cat sesuai dengan kebutuhanya. Pembimbingan dan pengawasan yang dilakukan oleh guru agar peserta didik tidak menggunakan cat dengan sembarangan tidak membuat corat-coretanan di tembok sekolah. Hasil dari tahab pengecatan tampak seperti di bawah ini.

Gambar : Memberi warna pada desain gambar di paying

Pengerjaan mendasain dan memberi warna, dilaksanakan pada jam pembelajaran seni budaya dan prakarya untuk kelas 8 dan 9 sesuai jamnya masing-masing dan apabila belum selesai tiap kelompok dapat menyelesaikan pada hari berikutnya apabila ada jam mata pelajaran seni budaya atau prakarya sampai finis.

Pengerjaan mendesain dan memberi warna payung tidak dilaksanakan di dalam kelas tetapi laksanakan dilingkungan SMP Negeri 2 Tangen ( bisa dihalaman sekolah maupun diteras sekolah), tujuan dilaksanakan diluar kelas adalah supaya pengerjaanya bisa maksimal dan tidak mengganggu antara kelompok yang satu dengan yang lainya. Sebab pengerjaan dengan bahan dasar payung ini membutuhkan tempat yang luas.

Kolabori ini dimaksudkan untuk mendidik siswa sekaligus melatih siswa supaya dapat bekerja sama dengan teman-teman atau kelompoknya, sekaligus mengajari siswa untuk menciptakan daya kreasi dan inovasi peserta didik. Guru pembimbing membebaskan peserta didik untuk melukis apa saja di payung asal gambarnya menarik dan tidak berbau porno.

Teruslah berinovasi anak-anaku semoga kalian mampu menciptakan ide kreatif dan inovasi untuk mengembangkan kompetensi kalian dimasa yang akan datang.

Penulis                        : Slamet Indarto,M.Pd

Kolaborator                : Iswahyudi dan Sarimin, S.Com

Tinggalkan Balasan