Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun  (ASAT) Semester Genap TP 2022/2023 di SMP Negeri 2 Tangen.

Gambar 1: Pelaksanaan ASAT Kelas IX TP 2022/2023

Sabtu (15-04-2023) hari terakhir pelaksanaan ASAT (Asesmen Sumatif Akhir Tahun) Semester Genap TP 2022/2023 berjalan normal tanpa kendala, alhamdulillah selama 6 hari semua peserta didik kelas 9 dengan jumlah 177 mengikuti tes yang dilasksanakan sejak hari Senin, 10 April – Sabtu, 15 April 2023.

Kepala Sekolah, Slamet Indarto, M.Pd memberikan pengarahan kepada pengawas ruang terkait pelaksanaan ASAT TP 2022/2023 mengenai  jadwal dan teknis pelaksanaan ASAT. Pengawas ruang dihimbau agar selalu memperingatkan kepada peserta didik yang tidak disiplin selama mengikuti tes, dan menghimbau apabila ada peserta didik yang tidak masuk segera melapor kepada panitia agar segera ditindaklanjuti.

Dalam pelaksanaan , siswa dibagi menjadi 11 ruangan, sepuluh ruangan  berisi 16 peserta didik dan satu ruangan berisi 17 peserta didik, dengan keseluruhan peserta didik sebanyak 177 siswa yang mengikuti ASAT. Mata pelajaran yang diujikan pada kali ini adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama, Matematika dan PPKn, IPS dan Bahasa Inggris, IPA dan PJOK, Seni Budaya serta Prakarya dan Bahasa Jawa. Pelaksanaan tes dimulai pukul 07:30 – 11:30. Untuk pengawas masing-masing ruangan terdiri dari 2 pengawas dari SMP Negeri 2 Tangen sendiri.

Sebelum rangkaian kegiatan ASAT dimulai, seluruh siswa seperti biasa berbaris dilapanggan untuk mengadakan doa bersama dan menerima pengarahan dari ketua panitia Sriyanto, S.Pd.
“Dalam proses ASAT Ananda harus tetap semangat belajar di rumah walaupun dalam keadaan berpuasa, dan berharap kepada seluruh siswa tetap memperhatikan kebersihan kelasnya masing-masing, jangan lupa mohon doa restu dari orang tua agar diberikan kekuatan dan ketelitian dalam mengerjakan soal tes”, ujar Sriyanto, S.Pd selaku ketua Panitia ASAT.

Pelaksanaan ASAT ini merupakan salah satu penentu penilaian kelulusan selain nilai harian dan nilai ASAJ (Asesmen Sumatif Akhir Jenjang) atau Ujian Sekolah. Penetapan ketuntasan belajar peserta didik dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran yang bersangkutan. Adapun penetapan kelulusan Hasil Belajar peserta didik ditentukan sebagai berikut :

  1. Sekolah menetapkan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) atau KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal) sebagai acuan guru dalam menillai kompetensi peserta didik, apakah mereka mampu mencapai kompetensi dasar/capaian pembelajaran dari setiap mapel.
  2. Penentuan batas ketuntasan disusun pada awal tahun atau awal semester, dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah.
  3. Penentuan batas kelulusan harus diumumkan kepada peserta didik, orang tua/wali, dan masyarakat pada awal semester.
  4. Peserta dinyatakan tuntas apabila memenuhi kriteria yang ditentukan oleh guru mapel dan disyahkan oleh Kepala Sekolah.

Penulis: KS SMP Negeri 2 Tangen.

Tinggalkan Balasan