Pemanfaatan Teknologi Internet untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Era Digitalisasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis :Yuli Widiyatmoko

Kegiatan pembelajaran menggunakan handphone

Di era globalisasi dan digitalisasi pemanfaatan teknologi sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam semua aspek kehidupan. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer. Serta sudah menjadi konsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan dan jenjang usia. Hal ini juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan perangkat teknologi elektronik yang diterapkan dalam pembelajaran dikenal dengan istilah E-learning. Oleh karena itu, sistem pembelajaran menggunakan elektronik pun semakin dikembangkan, agar dapat disesuaikan dengan tuntutan zaman yang semakin canggih.

Para siswa sedang memainkan game edukasi dalam aplikasi online wordwall

Banyak aplikasi online yang bisa dipergunakan oleh guru dalam penyampaian materi pembelajaran ke siswa,hal tersebut akan membuat KBM menjadi lebih menyenangkan dan materi menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa dibandingkan guru selalu menggunakan metode ceramah yang kecendurungan membuat siswa bosan dan mengantuk apalagi pada jam – jam terakhir pembelajaran.Banyak manfaat dari pembelajaran dengan menggunakan game edukasi, antara lain membuat siswa berpikir kritis dan terdidik serta mandiri. Hal tersebut selaras dengan kurikulum kita sekarang yakni kurikulum merdeka, merdeka bagi anak untuk belajar luas menggali kemampuan mereka dalam segala hal.

Para siswa mengerjakan soal melaui googlefor

Selain memanfaatkan game untuk pembelajaran guru juga bisa memanfaat aplikasi online lain untuk membuat soal penilaian harian, soal pre tes maupun post tes melalui google for, dengan aplikasi tersebut guru bisa dengan mudah memantau hasil / nilai tanpa harus melakukan koreksi manual.Lebih cepat guru melakukan analisis terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal karena pada aplikasi tersebut sudah tersedia analisis penilaiannya.Apalagi ketika hasil siswa kita tayangkan di layar monitor LCD, siswa akan lebih tertantang dalam menyelesaikan setiap soal tersebut dengan benar.

Pada pelajaran Bahasa Indonesia ,guru mengaplikasikan kegiatan game edukasi pada materi mengenal jenis – jenis teks melalui wordwall  https://wordwall.net/id/resource/52574575.Anak- anak antusias dan tertarik untuk mendapatkan skor yang besar apalagi saat itu juga hasil skor ditampilkan pada layar LCD .mereka saling berlomba untuk menyelesaikan level demi level dalam game tersebut.

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan handphone memang sudah pernah kita lakukan saat pandemi covid -19 tahun lalu akan tetapi rasanya berbeda ketika hal tersebut dilakukan bersama – sama dalam satu ruangan .Pemanfaatan game edukasi  menjadi hiburan para siswa.Mereka yang pada dasarnya menyukai game kita arahkan hobby mereka kepada hal – hal yang lebih bermanfaat seperti game edukasi.

Tampilan skor / hasil para siswa

Dengan demikian handphone yang dimiliki siswa akan lebih bermanfaat, semoga dengan usaha ini siswa di SMP Negeri 2 Tangen menyadari bahwa dengan handphone yang mereka miliki saat ini, ternyata bisa dimanfaatkan untuk belajar banyak hal. Ayo buat dunia ada digenggaman kita!!

Tinggalkan Balasan