Pemilihan Ketua OSIS Sebagai Cerminan Demokrasi

 Oktober 17, 2023  admin

Gambar 1: Penjelasan Ketua Panitia Pilketos di SMPN 2 Tangen

Hari ini di SMP Negeri 2 Tangen, Selasa 17 Oktober 2023 melaksanakan pesta demokrasi sebagai cerminan dari  kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kedua dengan tema suara demokrasi yaitu dengan mengadakan kegiatan pemilihan Ketua OSIS yang digelar selayaknya Pemilu (Pemilihan Umum). Keseruan pada kegiatan ini sangatlah nyata diindikasikan dengan antusiasme para siswa untuk mendaftarkan diri menjadi kandidat Calon Ketua OSIS SMP Negeri 2 Tangen yang cukup tinggi. Para siswa yang secara selektif terpilih sebagai kandidat Calon Ketua OSIS SMP Negeri 2 Tangen yaitu 1) Airin Quirunisa, 2) Naura Putri, 3) Hera Agus S.

Gambar 2: Calon Ketua OISIS SMP Negeri 2 Tangen 2023/2024

Untuk menjadi calon Ketua OSIS para kandidat harus memenuhi beberapa persyaratan yang tidak mudah, diantaranya para kandidat harus memiliki visi dan misi yang bisa mempengaruhi para siswa untuk memilihnya. Para kandidat juga diberikan kesempatan berkampanye guna mengumpulkan suara pemilih dari para siswa maupun Bapak / Ibu guru secara langsung yang diselenggarakan pada tanggal 16 Oktober 2023, dilapangan upacara.

Gambar 3: Penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua OSIS 2023/2024

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekolah. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar berdemokrasi yang baik melalui pemilihan ketua OISIS. Tujuan umum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi ini adalah agar para siswa mampu mengimplementasikan sistem demokrasi pada satuan pendidikan, membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi siswa SMP Negeri 2 Tangen, dan secara khusus melatih siswa untuk berorganisasi serta menyalurkan minat bakat siswa dalam berorganisasi.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 2 Tangen yang mengambil tema Suara Demokrasi dengan topik “Pemilihan Ketua OSIS Sebagai Cerminan Dekokrasi”. (Pemilihan Ketua OSIS) memiliki serangkaian kegiatan sebagai berikut:

Jadwal kegiatan proyek ini dilaksanakan mulai Rabu, 27 Oktober 2023 dan berakhir pada Sabtu, 4 Nopember 2023. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan kegiatan prmbentukan komisi pemilihan PILKETOS dan akan diakhiri dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Berjalanya kegiatan PILKETOS dilaksanakan di halaman Laboratorium IPA dimulai dari pukul 08.00 – 12.00 WIB berjalan dengan tertib, aman, bebas dan rahasia, dan tidak mengganggu jalanya proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Slamet Indarto, M.Pd, sebagai kepala sekolah SMP Negeri 2 Tangen, harapan beliu dalam sambutanya mengajak semua peserta didik untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik, sebagai pembelajaran cerminan demokrasi yang sesungguhnya. Peserta didik diharapkan dapat mengikuti dan memahami serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara setiap tahapan-tahapan dalam PILKETOS. Kepala Sekolah juga mengajak, setelah terpilih ketua OSIS semua peserta didik harus mendukung kegiatan dan program ketua OSIS yang baru demi kemajuan SMP Negeri 2 Tangen.

Penulis : Slamet Indarto, M.Pd

Tinggalkan Balasan