SMP NEGERI 2 TANGEN SIAP MENUJU MANDIRI BERUBAH

Rapat Koordinasi Persiapan IKM SMP Negeri 2 Tangan

STARO, Senin, 13 Februari 2023

Pelaksanaan kurikulum merdeka telah banyak kita dengar di masyarakat. Namun fakta bahwa kurikulum merdeka belum dilaksanakan oleh semua sekolah di Indonesia adalah benar adanya. Keputusan dari Rapat Guru dan Karyawan SMP N 2 Tangen, pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka (IKM) mengikuti program dari kementrian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi yaitu dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023. Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini SMP N 2 Tangen melalui Rapat Guru dan Karyawan mengambil keputusan untuk menggunakan kurikulum mandiri belajar, dimana dalam kurikulum ini masih tetap menggunakan kurikulum 2013 namun didalam pelaksanaan pembelajaranya menyisipkan/mengadopsi materi-materi inti yang terdapat dalam kurikulum merdeka, salah satu contoh materi inti yang sudah diterapkan di SMP N 2 Tangen adalah menerapkan P5 dalam pelaksanaan pembelajaranya.

Namun seiring dengan perkembangan dan regulasi yang ada di SMP negeri 2 Tangan, meningkatkan level kurikulumnya ke level mandiri berubah sesuai dengan regulasi yang ada. Namun perubahan menjadi kurikulum mandiri berubah harus mendaftarkan terlebih dahulu ke kemendikbudristek. Sesuai dengan surat edaran dari Kemendikbudristek nomor 0574/H.H3/SK.02.01.2023 tentang Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Secara mandiri Tahun Ajaran 2023/2024. SMP N 2 Tangen sudah mendaftarkan kurikulum merdeka dan setelah mengikuti prosedur dalam pendaftaran melalui PMM maka status SMP N 2 Tangen sudah terdaftar menjadi pelaksana kurikulum merdeka dengan status mandiri berubah di tahun ajaran 2023/2024.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut di atas maka Kepala Sekolah segera mengadakan koordinasi dengan bapak ibu guru SMP Negeri 2 Tangen agar bersiap siap menyambut kurikulum merdeka dengan status level 2 yaitu mandiri berubah. Pada saat pembinaan hari ini Senin, 13 Februari 2023 Kepala Sekolah mengajak semua guru harus mau belajar dan manambah kompetensinya melalui PMM, bapak ibu guru harus berani melakukan perubahan-perubahan dalam pembelajaran di kelas, bapak ibu guru harus mampu membuat inovasi baru agar pembelajaran tidak membosankan, salah satu contoh membuat pembelajaran dengan menggunakakan game-game pendidikan yang menarik serta memberikan soal-soal AKM yang bisa di download dari PMM.

Bagian Kurikulum juga sudah meluncurkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh bapak ibu guru untuk menyambut kurikulum merdeka ini, antara lain:

Yang perlu dipersiapkan kurikulum merdeka

👉 ATP/SILABUS
👉 CP
👉 TP
👉 KKTP (4 MODEL)
👉 PROTA
👉 PROMES
👉 JURNAL SISWA
👉 LKPD
👉 ANALISIS ALOKASI WAKTU
👉 RAPOR
👉 DAFTAR KELAS
👉 DAFTAR NILAI
👉 LEMBAR CEKLIST
👉 LEMBAR PENILAIAN
👉 LEMBAR REFLEKSI PROJECT
👉 PENILAIAN BUKU KERJA
👉 PENILAIAN JURNAL
👉 RUBRIK PROJECT
👉 RUBRIK EVALUASI PROJECT
👉 RUBRIK KKTP
👉 SOAL-SOAL AKM
👉 SOAL-SOAL SUMATIF
👉 ADM WALI KELAS

Harapan Kepala Sekolah untuk pelaksanaan kurikulum merdeka di tahun ajaran 2023/2024 semua komponen sekolah semua siap melaksanakan kurikulum merdeka ini tanpa kendala yang berarti di lapangannya nanti. Mari kita bangkit, dan siap melaksanakan perubahan demi masa depan anak-anak SMP Negeri 2 Tangen yang kita cintai ini.

Ditulis oleh KS

Tinggalkan Balasan