Tumbuhkan Minat Baca Siswa, SMP Negeri 2 Tangen Adakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Penulis Yuli Widiyatmoko

Pelaksanaan Literasi di depan Perpustaakaan sekolah

Gerakan literasi sekolah (GLS) adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat (long life education). Literasi secara sederhana adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca. Budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berpikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca dan menulis.

Literasi di lapangan utama

Pemerintah melalui Kemendikbud telah melakukan terobosan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar sepanjang hayat. Dengan mengembangkan gerakan literasi dimasa pandemi covid-19. Gerakan literasi sekolah memperkuat gerakan pertumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2015. Salah satunya gerakan literasi sekolah, adalah kegiatan 15 menit membaca non pelajaran sebelum pembelajaran tatap muka terbatas dimulai.SMP Negeri 2 Tangen  kembali mengaktifkan kembali gerakan literasi diantaranya  dengan menjadikan literasi sebagai  kegiatan  utama sebelum pembelajaran dimulai dalam setiap harinya hal tersebut tertulis dalam jadwal pelajaran .

Literasi 15 menit sebelum pembelajaran dimulai

 Selain itu, juga ada kegiatan wajib kunjung perpustakaan ,pembuatan mading kelas atau sekolah tiap bulan , serta secara bersama – sama  dari kelas VII,VIII, dan IX  serta bapak ibu guru karyawan melakukan kegiatan membaca kemudian menuliskan resum atas apa yang mereka baca. Dalam kegiatan ini  masing- masing kelas menentukan pojok baca yang membuat mereka nyaman saat berliterasi dengan bimbingan wali kelas. Pojok baca ada yang di lapangan utama ,halaman perpustakaan , Gazebo, ruang kelas,masjid ,dan depan taman sekolah

Bapak ibu guru dan Staf TU sedang melaksanakan literasi

Kegiatan tersebut dirancang oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia berkolaborasi dengan pembina dan anggota OSIS.GLS berjalan dengan lancar hal tersebut terlihat dari antusias anak – anak  dalam mengikutinya.Harapan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan rutin  dan bisa menjadikan kebiasan baik dalam menumbuhkan minat berliterasi tidak hanya pada siswa saja tetapi juga bapak ibu guru dan Staf TU  SMP Negeri 2 Tangen . Ayo berliterasi Salam literasi .

Tinggalkan Balasan